Beasiswa Unggulan Luar Negeri

Beasiswa Unggulan Luar Negeri

Berikut cara mendaftar Beasiswa Unggulan Luar Negeri.

Ikutilah tes kemampuan bahasa asing untuk mengukur kemampuan kamu.

Apabila kemampuan bahasa asing kamu telah mencukupi atau sedikit lagi mencukupi persyaratan DIKTI, kamu boleh meneruskan ke langkah berikutnya. Namun jika tidak, tingkatkanlah dahulu kemampuan bahasa asing kamu. Untuk saat ini, persyaratan DIKTI yaitu kemampuan Bahasa Inggris minimal IELTS 6.0, TOEFL IBT 87, ataupun sertifikat bahasa lainnya sesuai dengan bahasa pada perguruan tinggi luar negeri tujuan.

Lakukan riset awal mengenai program studi dan kampus tujuan yang cocok dengan kamu.

Ada banyak sekali kampus di luar negeri, belum lagi program studinya. Di tahap ini, kamu harus bisa mengumpulkan informasi dan kemudian memilih program studi apa di kampus mana yang kira-kira cocok dengan kamu. Pilihlah beberapa kampus yang kualitasnya bagus, dengan biaya hidup tidak begitu tinggi dan kamu berpeluang untuk diterima di sana. Simpan informasi kontak mereka. Jika kamu bingung, kamu dapat meminta saran dari dosen, senior atau teman kamu. Kamu juga dapat melakukan pencarian menggunakan mesin pencari.

Sambil melakukan riset awal, siapkan dokumen-dokumen yang umumnya diperlukan (curriculum vitae, motivation letter, recommendation letter, terjemah ijazah dan transkrip).

Sangat disarankan kamu menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dalam Bahasa Inggris. Hal ini agar dokumen-dokumen tersebut bisa kamu pakai untuk mendaftar di berbagai negara. Khusus untuk terjemah ijazah dan transkrip, kamu tidak boleh menerjemahkan sendiri. Kamu dapat meminta kampus tempat kamu kuliah dahulu yang menerjemahkan (biayanya murah atau bahkan gratis). Atau kamu juga dapat meminta penerjemah tersumpah yang menerjemahkan (biayanya cukup mahal).

Dapatkan Letter of Acceptance (LoA) tanpa syarat (unconditional).

Kamu bisa memulainya dengan menghubungi penanggung jawab dan/atau profesor yang mengajar di program studi yang kamu inginkan. Melalui email, perkenalkan diri kamu, nyatakan minat kamu terhadap program studi tersebut, dan tanyakan bagaimana prosedur pendaftaran untuk masuk ke program tersebut. Jangan lupa sertakan pula curriculum vitae (CV) kamu. Jika kamu beruntung, mereka akan segera membalas email kamu, dan memberi respon positif. Ikuti petunjuk yang ada di email tersebut.

Biasanya, mereka akan meminta kamu mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan (bisa melalui upload dokumen di website mereka, bisa melalui email atau bisa juga melalui pos; tergantung kampusnya). Setelah itu mereka akan menilai kamu berdasarkan dokumen-dokumen yang ada. Apabila diperlukan, mereka bisa saja meminta dilakukan wawancara, melalui telepon, Skype atau sejenisnya.

Setelah proses penilaian dan seleksi selesai, mereka akan memberi tahu kamu hasilnya. Jika kamu diterima, mereka akan mengirimkan LoA ke kamu. Ada yang melalui email, ada juga yang melalui pos ke alamat kamu.

Sekarang kamu urus dokumen yang kamu perlukan dengan Perguruan Tinggi (PT) Asal, yaitu surat penugasan kuliah pascasarjana dan surat perjanjian bermaterai.

Format surat penugasan bebas, terserah masing-masing PT Asal sedangkan format surat perjanjian harus mengikuti Lampiran 5 Buku Panduan Beasiswa Unggulan DIKTI (surat perjanjian dalam bentuk file Word bisa kamu dapatkan di menu Unduh).

Surat penugasan dan surat perjanjian harus ditandatangani oleh pimpinan PT Asal (rektor). Dan oleh karena itu, biasanya kamu harus mengurusnya dari tingkat paling bawah. Kamu minta rekomendasi dari ketua program studi, rekomendasi dari ketua jurusan (jika ada), rekomendasi dari dekan, baru kemudian bisa meminta surat penugasan dan surat perjanjian dari rektor.

Selanjutnya, kamu buka web Beasiswa Unggulan, dan daftarkan diri kamu.

Isi form yang ada semampu kamu, dan unggah dokumen yang kamu miliki. Setelah selesai mendaftar online, kamu akan mendapat username dan password untuk login dan memperbaharui data kamu. Kamu juga akan mendapat bukti pendaftaran Beasiswa Unggulan.

Lengkapi dokumen-dokumen untuk Beasiswa Unggulan, kemudian kirimkan atau serahkan ke DIKTI.

Masukkan dokumen untuk Beasiswa Unggulan ke dalam map dan susun dokumen-dokumen tersebut dengan rapi. Pastikan tidak ada yang kurang. Jangan lupa tuliskan nama, jenis beasiswa yang kamu lamar (yaitu Beasiswa Unggulan Luar Negeri), nomor pendaftaran dan nomor handphone kamu di map tersebut. Kemudian masukkan map tersebut ke dalam satu buah amplop. Tulis alamat tujuan dengan jelas. Tulis juga nama, jenis beasiswa yang kamu lamar dan nomor handphone kamu di amplop tersebut.

Setelah itu, kirim dokumen itu ke DIKTI menggunakan jasa pengiriman yang bisa dilacak, agar kamu bisa tahu dokumen kamu sudah sampai atau belum. Atau jika kamu mau, kamu bisa menyerahkan dokumen tersebut langsung ke DIKTI.

Ikuti proses wawancara dengan baik.

Jika kamu lolos di seleksi administrasi, DIKTI akan memanggil kamu untuk melakukan wawancara. Wawancara biasanya dipusatkan di beberapa kota, sesuai pembagian wilayah.

Terakhir, tunggu hasil seleksi Beasiswa Unggulan.

Sering-seringlah mengecek website DIKTI, agar kamu bisa segera tahu hasil seleksi yang kamu ikuti. Jika kamu lolos dan berhasil mendapat beasiswa ini, maka selamat! Tapi jangan senang dulu, kamu belum pasti akan berangkat keluar negeri. Masih ada proses yang harus kamu lalui sebelum bisa berangkat, seperti mengurus visa di kedutaan besar negara tujuan kamu, mengurus surat tugas dari Sekretariat Negara, dan lain-lain.

– See more at: http://panduan-bu.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: